Diskominfo Bonebol Nilai Peran Data Penting Untuk Pembangunan Daerah

Peran data dari setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dinilai sangat penting untuk kebijakan pembangunan daerah.

Baca juga
Ratusan Pedagang dan Pengunjung Pasar Sentral di Gorontalo Antusias Daftar Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Ketua Oikumene Akui Pemkab Bonebol Beri Warisan Kerukunan Umat Beragama
Perayaan Natal 2023 Merlan Gaungkan Stop Diskriminasi Kaum Minoritas
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bone Bolango, Misnawaty Wantogia saat membuka kegiatan Evaluasi Walidata Opendata Kabupaten Bone Bolango di Ruang Restorasi Kantor Bupati, Kamis (21/12/2023).

Bacaan Lainnya

Misnawaty Wantogia mengatakan, peran Walidata bukanlah hal yang mudah dan sangat penting di suatu OPD. Ia mengungkapkan, ada beberapa Undang-Undang yang mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh walidata disetiap OPD.

“Olehnya itu, peran walidata ini perlu diperkuat kelembagaannya. Saya berharap disetiap OPD memiliki walidata. Kita Dinas Kominfo sendiri telah menciptakan satu aplikasi yang bernama Opendata,”kata Misnawaty.

Misnawaty menuturkan, kegiatan evaluasi tersebut adalah salah satu wujud dari Dinas Kominfo sebagai walidata di Instansi Pemerintah Kabupaten untuk mengevaluasi peran walidata OPD dalam melakukan penginputan data dalam aplikasi Opendata.

“Ini bukan hal sulit untuk kita lakukan, hanya saja perlu konsistensi untuk melakukan pembinaan dan evaluasi. Ketika kita bermasalah dengan data banyak sekali hal yang terjadi yang tidak sesuai. Maka cara kita bagaimana membuat satu aplikasi bagaimana data terangkum semua,”tuturnya.

Dirinya menambahkan, Kepala Daerah bisa salah mengambil kebijakan jika tidak berbasis data yang nantinya berakibat fatal. Ia pun berharap, data yang dikelola oleh OPD bersifat faktual dan akurat serta berdasarkan perhitungan di lapangan.

“Saya berharap para walidata ini benar-benar menjalankan fungsinya dan proaktif. Di daerah ini, Kepala Daerah setiap tahun melaporkan rapor penyelenggaraan pemerintah daerah ke Kementerian Dalam Negeri berdasarkan data baik dalam angka maupun grafik,”pungkasnya. (Tim Redaksi)

Baca Artikel & Berita Terbaru kami di Google News
lg

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *